Pusat Berita Ponsel Gadget Smartphone Nokia, Samsung, Apple yang Terkini & Terbaru

Kamis, 27 Maret 2014

Download di Nokia Store Gan? Atau di Play Store Google aja!

Jakarta - Meski mengusung OS berbasis Android, jangan harap menemukan pasar aplikasi GooglePlay di Nokia X. Sang vendor asal Finlandia menggantikannya dengan Nokia Store. Nokia X mungkin mengandalkan OS berbasis Android, tapi Nokia mengklaim hanya menggunakan ‘pondasi’ dari OS besutan Google tersebut. Alhasil seluruh layanan Google yang tertanam di dalamnya disingkirkan dan digantikan oleh layanan milik Nokia, salah satunya adalah Nokia Store.
 Nokia Store sejatinya tak jauh berbeda dengan pasar aplikasi GooglePlay pada kebanyakan ponsel Android.

Perbedaan hanya terletak pada tampilannya yang sedikit berbeda. Pun begitu, pengguna Nokia X dipastikan bakal langsung familiar dengan penggunaan Nokia Store yang user-friendly.Seperti halnya pada GooglePlay, saat mengakses Nokia Store, pengguna juga akan langsung disuguhkan dengan tampilan aplikasi yang sedang popular atau yang direkomendasikan. Bila ingin lebih spesifik, pengguna dapat mencari aplikasi yang ingin di-download melalui kategori yang tersedia.



Cara mengaksesnya pun mudah, pengguna Nokia X cukup memilih ikon yang ada di bagian kiri atas. Kemudian akan keluar beragam kategori aplikasi yang dapat dipilih mulai dari games, entertainment, ataupun yang lainnya.Next pilihan 'All Categories' yang membawa ke tampilan selanjutnya dimana 6 aplikasi teratas dalam tiap kategori akan dimunculkan. Bila pengguna memilih salah satu kategori semisal game, maka aplikasi game yang muncul juga akan diurutkan mulai dari yang teratas sebagai yang paling popular, mirip seperti pada GooglePlay.Setelah menjatuhkan pilihan pada salah satu aplikasi, pengguna tinggal memilih aplikasi tersebut untuk kemudian download. Gampang kan!

Meski digarap oleh Nokia sendiri, jangan khawatir soal kuantitas aplikasi yang dapat di-download dari Nokia Store. Nokia mengklaim Nokia Store miliknya telah dijejali ratusan ribu aplikasi dan akan terus bertambah ke depannya. Lantas, bagaimana bila sewaktu-waktu aplikasi yang diinginkan belum hadir pada Nokia Store? Untuk hal yang satu ini, Nokia tak menutup mata.Lewat metode side-loading, pengguna tinggal men-download file mentah APK dari aplikasi yang dimaksud dari sumber lain di internet.Setelah memperoleh APK yang diinginkan, tinggal copy file tersebut ke dalam media penyimpanan Nokia X untuk selanjutnya diinstal. Sama mudahnya seperti menginstal aplikasi di ponsel Android lainnya.

Download di Nokia Store Gan? Atau di Play Store Google aja! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: topik.my.id